Di Puskesmas Pulau Banyak Barat Daftar Hadir ASN Tidak Boleh Dilihat Wartawan, Kenapa?

  • Whatsapp

Jurnal Wicaksana, JW Group – Singkil – Daftar hadir Aparatur Negeri Sipil (ASN) dikatakan rahasia alias dokumen privasi dan tidak boleh diperlihatkan kepada wartawan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Tata Usaha Puskesmas Pulau Banyak Barat, Elvi Darmayanti, kepada reporter pada saat melakukan tugas jurnalistik di Puskesmas Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, Kamis, 10/2/2022.

“Absen itu punya privasi, jadi tidak boleh diperlihatkan,” kata Elvi kepada wartawan di ruangan kerjanya.

Namun ketika ditanyai peraturan apa yang mengatakan bahwa absensi itu menjadi rahasia, Kepala Tata Usaha, Elvi Darmayanti tidak dapat memberi penjelasan secara spesifik dan mendetail kepada wartawan.

Awak media ingin melihat langsung daftar hadir tersebut untuk memperjelas informasi yang diterima, terkait adanya pegawai di Puskesmas Pulau Banyak Barat yang berstatus CPNS tidak pernah masuk kerja sejak tahun lalu.

Kemudian, untuk mendapatkan alasan yang jelas terkait absensi atau daftar hadir yang dikatakan rahasia, awak media mencoba meminta keterangan kepada Kepala UPTD Puskesmas Pulau Banyak Barat, Risman Zega.

Secara terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Pulau Banyak Barat, Risman Zega ketika ditanyai alasan kenapa daftar hadir tidak boleh dilihat oleh wartawan, Risman Zega beralasan itu merupakan aturan.

“Kita bukan tidak memberikan data-data itu, tapi kita juga punya kriteria atau aturan, jadi kalau itu memang jelas kebutuhanya untuk apa, kita pun akan memberikan hal tersebut, tapi kalau tujuannya itu untuk hal-hal yang lain kita juga ragu-ragu memberikan data-data seperti itu,” kata Risman Zega diruangan kerjanya.

Risman Zega menambahkan ada sifatnya kerahasiaan dalam sebuah institusi itu, yang sifatnya ya kita punya atasan. Jadi kita juga tidak bisa sembarangan untuk memberikan yang namanya data-data itu.

“Misalnya, ini mohon maaf, ada perintah yang mengatakan itu tolong kalian berikan untuk dilihat, itu akan kami berikan tidak masalah,” ujarnya.

Hingga berita ini tayang, wartawan tidak diperkenankan untuk melihat daftar daftar hadir tersebut.

Red.JWGroup

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.