Jokowi adakan Ritual Penyatuan Tanah Air di Ibukota Nusantara , bukti KOMITMEN PRESIDEN untuk Indonesia Maju

  • Whatsapp

Penajam Paser Utara, Kaltim – jwgroupnews : Pembangunan Ibukota Nusantara yang sejak awal dilakukan persiapan secara aspek yuridis formilnya yakni Kepres IKN menjadi satu tahapan awal atas keseriusan seorang Presiden Jokowi untuk menancapkan Pondasi Indonesia Maju.

Dan selanjutnya, 14/3/2022 berlokasi di titik nol IKN, Presiden bersama Tuan Rumah Tanah Kalimantan, yakni didampingi oleh Gubernur Kaltim melakukan Ritual Pecah Kendi yang secara implisit menjadi simbol ciri khas Nusantara.

Perihal tersebut, merupakan simbol sosok Jokowi yang sudah siap lahir batin menyatukan tanah dan air untuk kesejahteraan Rakyat Indonesia masa datang.

Mbahkung Buanergis Muryono, sebagai seorang Pakar Javanologi menilai, kinerja spiritual Jokowi itu menjadi simbol keseriusan pribadi kepala negara menancapkan tonggak sejarah dalam sebuah peradaban baru Indonesia kembali menjadi Nusantara.

Saya melihat ada sebuah makna spirit Nusantara yang sedang mendominasi para pemimpin bangsa saat ini. Terang mbahkung, sapaan akrab Buanergis Muryono yang juga menjadi Depan Penasehat dan Pakar Jurnal Wicaksana Group.

Jokowi memberi isyarat kepada kita, warga bangsa Indonesia…bahwa sejatinya Indonesia adalah Nusantara. Dan teritori Nusantara itu sudah sepatutnya di satukan dalam dimensi penyatuan energi Nusantara yang telah di amanatkan sejak awal kemerdekaan Indonesia.
Sudah cukup Jakarta menjadi sentral Populasi, Ekonomi, Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan bagi Negeri ini, tutur mbahkung.

Selanjutnya, di masa Tahun Politik 2022 ini, jelas dilakukan sebuah akselerasi yang mengandung makna tersirat atas landasan tersurat yang sudah dilakukan sebagai persiapan awal, untuk Pembangunan Ibukota Nusantara, jelas mbahkung.

Disatu sisi, analis politik dari Poros Muda Pemimpin Indonesia (PMPI) yang di konfirmasi oleh redaksi JWGroup, menjelaskan bahwa dirinya menangkap satu sinyal penyatuan persepsi politik bahwa Indonesia masih butuh kepemimpinan Jokowi pada edisi selanjutnya, agar kesinambungan Pembangunan Ibukota Nusantara dapat terproteksi secara politis untuk terus berlanjut dan terbangun secara cepat, terang Joe Rian selaku Pendiri PMPI.

Saya hampir bisa memastikan, bahwa ada upaya keberlanjutan politik untuk kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden. Jelas Joe kepada redaksi (14/3/2022)

Dari aspek pembangunan, memang saat ini Jakarta sudah terlalu krodit untuk diteruskan sebagai teritori Ibukota Negara. Sehingga sudah harus disegerakan dipindahkan ke daerah yang teritori ya berada pada titik sentral secara geografisnya, lanjut Joe.

Menjadi sebuah sinyalemen khas Jokowi, bahwa blusukannya beliau di Hutan Penajam Paser Utara yang sudah ditetapkan sebagai Titik Nol IKN adalah satu akselerasi politik untuk menunjukkan kepada Generasi selanjutnya, bahwa Amanat Pendiri Bangsa pada era kepemimpinan beliau dapat di realisasikan secara nyata pada masa setelah hampir 100tahun Indonesia Merdeka.
Tahun ini memasuki 77 Tahun Indonesia merdeka, dan pembangunan Ibukota Nusantara akan memakan waktu sekitar 2-3 tahun kedepan.
Bahkan presiden Jokowi berupaya mempercepat pembangunannya untuk memberikan satu kenangan monumental kepada bangsa ini setelah 10 tahun beliau memimpin Bangsa Indonesia. Tambah Joe, yang juga memaparkan analisis gerakan perekonomian yang saat ini berkiblat pada percepatan Indonesia Timur.

Jopie J. Lintong, sebagai KAPERWIL dan Koordinator Indonesia Timur pada Lembaga Jurnal Wicaksana Media Istana Kenegaraan menanggapi peristiwa sejarah tersebut dengan serta merta menyatakan mendukung penuh Kinerja Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara dengan dasar semangat pemerataan yang nyata.

Saya sangat gembira dan sangat mendukung Jokowi, dengan mempercepat proses pembangunan IKN.
Kinerja Pemerintahan mendatang akan lebih efektif dan tidak menimbulkan berbagai hal hal kendala jarak tempuh, karena Penajam Paser Utara merupakan titik tengah dari Aceh dan Papua. Kami selama ini terkendala dalam berbagai urusan kebijakan teknis tata administrasi pemerintahan, akibat jauhnya dan lamanya serta mahalnya akses Indonesia ke Jakarta sebagai Ibukota Negara…nah, jika Pusat Pemerintahan di Penajam Paser Utara, maka kami jauh lebih dekat dan juga mampu mengakses secara langsung dengan mudah, tutur Jopie.

Dengan simbolik menuangkan Tanah dan Kendi Air bersama gubernur kaltim, serta menghadirkan 33 Gubernur hal itu jelas bermakna bahwa Ibukota Nusantara didukung oleh lebih dari 90 persen jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Tambah Jopie dengan semangat.

Ali Nasrullah Ramadhan sebagai Pimpinan Umum Jurnal Wicaksana, mengamini beragam analisa yang muncul atas peristiwa yang layak dijadikan sejarah berdirinya Ibukota Nusantara.
Terlepas dari pro dan kontra, faktanya hari ini… Jokowi berkomitmen melaksanakan Tugas Pokoknya sebagai Presiden, yakni Menjaga Kedaulatan Negara di Mata Dunia, Melaksanakan Pemerataan Pembangunan di seluruh Wilayah Indonesia serta Senantiasa Menjaga Kerukunan Nasional, terang Ali.

Profesor Hoga Saragih sebagai Ketua Dewan Pakar Jurnal Wicaksana senada dengan pendapat yang lainnya, bahwa memang sudah tepat dipercepatnya Pembangunan IKN, agar aksesibilitas Litas informasi dan teknologi dapat menunjang Pembangunan Sumber Daya Manusia warga masyarakat Indonesia Timur untuk semakin maju seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini, papar Prof Hoga yang juga Guru Besar Ilmu Komputer pada Universitas Bakrie Jakarta.

Saya menganggap, banyak contoh positif atas adanya gebarakan Jokowi melakukan Ritual Pecah Kendi serta melakukan kegiatan Kemping di area Titik Nol IKN, hal itu membawa berjuta makna bagi orang Indonesia yang melihat dan menganalisanya, tambah Prof Hoga.

Mari Kita Dukung, upaya Presiden untuk percepatan Pembangunan IKN, agar Warga Bangsa Indonesia dapat segera pulih dari dampak Pandemi Covid19 yang saat ini sudah memasuki masa Endemi.
Hal ini menjadi satu kesimpulan pada acara Diskusi Khusus Jurnal Wicaksana Group di Jakarta pada Senin, 14 Jakarta 2022, sembari melihat fakta berita kegiatan Jokowi di IKN.

(Red.Jw001)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.