DISDIK SUMEDANG LUNCURKAN BUKU KOMPLEMENTER STRATEGI 7 METODE PEMBELAJARAN

  • Whatsapp

Sumedang,jwgroup.news
“Implementasi Strategi Komplementer Tujuh Metode Pembelajaran Holistik dalam rangka mewujudkan pendidikan yang adil dan merata dimasa pandemi”

Satu lagi Dinas pendidikan kabupaten Sumedang meluncurkan sebuah buku terobosan baru yang cukup spektakuler, dengan metode “Strategi Komplementer 7 Pembelajaran Holistik Integratif.

Peluncuran buku Strategi Komplementer tersebut dihadiri langsung Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Sekda Herman Suryatman dan disambut meriah dengan suguhan seni angklung grup Ensamble persembahan dari Sekolah Insan Sejahtera Sumedang.
Acara digelar di Gedung Negara,Jum’at(1/4/22)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang H Agus Wahidin, S.Pd.,M.Si mengatakan,buku ini hadir dengan diinspirasi oleh pembelajaran di masa pandemi covid-19.
“Saat pandemi datang,tidak ada lagi belajar tatap muka dan saat itu pemerintah mengintruksikan pembelajaran secara daring,” jelas Agus.

Namun demikian lanjut Agus dalam pelaksanaan dilapangan terjadi kendala dengan sistem pembelajaran daring terutama adanya keterbatasan untuk siswa PAUD,TK dan juga SD.Atas dasar itulah lanjut Agus berupaya mencari jalan keluarnya agar kegiatan pembelajaran bisa tetap berjalan dengan menciptakan metoda pembelajaran komplementer.

Diakui Agus dengan dibantu 12 guru terpilih serta dukungan dari DPP AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia) Kabupaten Sumedang akhirnya terbitlah sebuah buku strategi komplementer 7 metoda pembelajaran holistik integratif.

Tujuh metode implementasi tersebut meliputi penerapan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), Penggunaan digital virtual,penerapan tematik berbasis dialetika, penggunaan modul atau lembar kerja siswa (LKS),mengaktifkan guru kunjung/guru lingkungan atau parenting,memanfaatkan radio televisi serta penerapkan penugasan yang terukur.

Agus berharap buku ini nantinya akan menjadi pegangan di setiap sekolah dan juga bisa membumi, minimal di wilayah Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Kadisdik Sumedang dan para guru yang telah berkolaborasi untuk menyusun buku yang luar biasa.Menurut bupati,ini wujud dari kreatifitas dan inovasi dari guru di Sumedang yang ingin menjadi juara dan selalu terdepan.

Dikatakan Bupati dirinya juga bersyukur dengan adanya buku ini, karena tentunya tidak banyak orang yang bisa menulis.”Mudah mudahan buku ini bisa menginspirasi semunya untuk membiasakan menulis,”ungkapnya.

Turut hadir pada acara tersebut,Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (DPP AKSI), Dr. Asep Tapip Yani, M.Pd,Sekjen DPP AKSI,Toto Suharya,Ketua Umum dan pengurus DPD AKSI Jawa Barat dan Ketua Umum DPC AKSI Sumedang serta tamu undangan lainnya.(red.HaniMey)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.