Pembuatan Minyak Kelapa Murni atau Minyak Tandusan.

  • Whatsapp

Tabanan,JW-MIKBALINews.

( Kamis,14/4/2022 )

Minyak kelapa murni atau sering disebut lengis tanusan PRABALI diolah sesuai warisan leluhur orang Bali.

Semakin tak terkontrolnya harga minyak goreng sampai masyarakat rela mengantre berjam – jam hanya untuk mendapat bagian minyak maksimal 2 kg demi kebutuhan keluarga. Fenomena ini terjadi hapir diseluruh Indonesia.
Dengan terjadinya kelangkaan minyak goreng ini ditengah masa pandemi covid-19 mucul sebuah ide dari I Nyoman Suparwa dengan alamat Br. Bongan Jawa, Desa Bongan, kecamatan Tabanan, kabupaten Tabanan untuk memanfaatkan buah kelapa yg jatuh dari pohonnya di olah menjadi minyak kelapa yg sering disebut lengis tanusan hanya untuk kebutuhan keluarga sendiri.
Pengalaman ini tercipta karena sulitnya mendapatkan minyak untuk memasak
. Dengan banyaknya buah kelapa yg ada disekitar Desa Bongan yg juga merupakan Desa Wisata, dia bapak II Nyoman Suparwa atau sering dipangil Bli Nyoman Jaya Pangus yang juga mantan presenter sebuah Radio di Tabanan mengelola buah kepalapa memjadi minyak. Pengalaman ini didapat dari Ibunya alamarhum dan juga merupakan warisan budaya leluhur orang Bali hanya untuk kebutuhan keluarga.

Dalam perjalanan setelah memproduksi minyak kelapa secara manual sesuai warisan orang bali ternyata banyak peminatnya.

Berkat binaan PIB / Politeknik Internasional Bali dan juga Baja Tani provinsi Bali tak terlepas juga berkat dukungan dari bpk I Wayan Subaga Arimbawa, ST, usaha kecil-kecilan ini berkembang sampai kualahan melayani orderan.

Dengan berkembangnya usaha ini hari Rabu, 13 April 2022 minyak kelapa muni ini yg juga disebut lengis tanusan PRABALI mendapat kunjungan dari anak-anak TK. Tunas Mekar Desa Bongan dengan tujuan menurut guru pemnbimbing memperkenalkan prosea pembuatan minyak kelapa atau lengis tanusan sesuai warisan leluhurnya.

Dan hari kamis, 14 April 2022 lagi mendapat kujungan ke pusat produksi yang berlokasi di Br. Bongan Jawa , Desa Bongan – Tabanan atau tepatnya berada di Subak Trasmin dari anak-anak PUAD Tunas Mekar dg tujuan yang sama yaitu memperkenalkan proses produksi minyak kelapa secara manual.

Disaat kujungan TK Tunas Mekar maupun anak-anak PAUD sangat antosias sekali mengikuti dan praktek langsung cara membuat lengis tanusan

Lengis Tanusan PRABALI ini memproduksi ada 3 kemasan yaitu kemasan 500 ml, 350 ml dan 250 ml cocok untuk sambal dan bebagai macam masakan terutama ciri khas maskan Bali.

” JW-MIKBALINews “

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.